Kerjasama Pendidikan Energi Terbarukan dengan Swedia

October 17, 2012
By

Elieser Tarigan, PhD. Menyampaikan materi pada MSF/Linneaus-Palme Seminar 2012, di Stockholm Swedia

Salah satu staff Pusat Studi Energi Terbarukan (PSET) Ubaya, Elieser Tarigan PhD, baru kembali dari Swedia setelah  selama 6 minggu disana dan menyelesaikan tugas berkaitan dengan kerjasama antar dua universitas. Universitas Surabaya melalui Pusat Studi Energi Terbarukan (PSET) menjalin kerjasama bidang pendidikan dan pengajaran bidang energi terbarukan dengan Solar Energy Research Center (SERC), Dalarna University, Sweden. Kerjasama ini telah berlangsung sejak 2008, dan selama ini setiap tahunnnya diadakan pertukaran dosen antar kedua institusi. Program pertukaran dosen ini difasilitasi oleh pemerintah Swedia melalui International Prgram Office atau Internationella Programkontoret.

Pada kesempatan kali ini Bpk. Elieser mengajar matakuliah Renewable Energy Technology (RET) di master program European Solar Energy School, Dalarna University. Selama di Swedia Bpk Elieser juga mendapat kesempatan menjadi nara sumber dalam seminar MFS/Lineaus – Palme 2012 yang mengambil tema Global Perspectives as an integrated part of education.Seminar ini diadakan oleh International Program Office dan Swedish International Development Agencies (SIDA).

Sebagai kelanjutan dari kerjasama, maka pada semester mendatang, salah satu dosen dari Swedia akan berada di Ubaya dan masuk dalam tim pengajar untuk matakuliah terkait. Selain itu beberapa mahasiswa dari Swedia akan melakukan riset di Ubaya dibawah bimbingan pusat Studi Energi Terbarukan.