Professor Peter Adelmann di PSET Ubaya

May 24, 2012
By

Prof. Peter Adelmann (Ulm University, Jerman) pada hari Jumat sampai Sabtu, tanggal 20-22 April 2012 datang ke Surabaya khusus untuk bertemu dengan Kepala PSET Ubaya membicarakan Eco (=Energy Conservation Opportunity) Sustainability di Indnesia.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Bapak  Elieser Tarigan, Ph. D (Kepala Pusat Studi Energi Terbarukan Universitas Surabaya) didampingi oleh Bapak Yunus Fransiscus, S.T.,M.Sc (Kepala Pusat Studi Lingkungan Universitas Surabaya), dan Bapak Lasman P. Purba, ST., M. Eng (Staf PSET UBAYA)  menyempatkan diri bertemu dengan Bapak Ir. Chayun Budiono, M. Sc (Pebisnis Solar Cell Indonesia yang sudah tidak asing lagi bagi Masyarakat  Energi Terbarukan Indonesia, METI).

Prof. Pieter banyak berdiskusi seraya memberi masukan untuk pengembangan Solar Energy di UTC, Kampus III Ubaya yang berlokasi di Trawas . Beliau mencanangkan akan memberikan penuh bantuan memfasilitasi Ruang Pelatihan Energi Terbarukan yang listriknya hanya oleh Sel Surya yakni untuk penerangan, LCD projector, pendingin ruangan, dlsb sedemikian hingga ada suatu gedung pertemuan yang benar-benar menerapkan renewable energy khususnya solar cell.

Ketika di Surabaya, Prof. Pieter yang juga Petinggi di ADB (Asian Development Bank) menginap di Hotel Ibis sekitar Jembatan Merah. Karena begitu berharganya kunjungan tersebut, Rapat pun digelar dalam perjalanan dari Surabaya ke Trawas di dalam Mobil dinas Ubaya. Hasilnya antara lain adalah teknik bagaimana mengenali kualitas energi yang dihasilkan oleh lampu, bagaimana menggerakkan pasar/ bisnis solar sell di Indonesia..beliau banyak memberikan contoh-contoh sukses dari negara-negara didunia seperti Ethiopia, China, dlsb, yang mana Prof. Pieter sudah membuktikan suksesnya dalam bidang melistriki daerah-daerah terpencil di negara-negera dunia dan menggerakkan roda perekonomian daerah demi kesejahteraan masyarakat.

Majulah penerapan energi terbarukan negeri kita Indonesia.. (PSET Ubaya)

Tags: